Semua pasti uda gak asing lagi dengan namanya stasiun. Yups, tempat nangkringnya para kereta api yang lalu lalang dari pagi sampe pagi lagi. Buat para Railfans (Penggemar Kereta Api) Stasiun uda ibarat rumah bagi mereka. #senggol MUHAMMAD ALIF FATKHUR ISMAYA alias MAS POR. Kalo stasiun di kota-kota besar pasti tau kan? kayak di Malang, Jogja, Bandung dll deh. Tapi siapa yang tau stasiun Ngebruk?. Pasti jarang banget yang tau. Maklum lah namanya juga DESA.
Ini dia Stasiunnya...
Emang kalo di liat sekilas cuma kayak rumah biasa tapi jangan salah sebenarnya ini stasiun loh.Di situ ada terpampang jelas tulisan NGEBRUK
Pintu masuk
Bisa di liat ya walopun gambarnya agak miring. Ini pintu masuk utamanya
Ini dia dalemnya. Tempat orang nunggu kereta dateng trus beli karcis juga
Membangun Personal
Attitude (Personal Branding) Salah Satu Kunci Kesuksesan
Salahsatu
penunjang kesuksesan Anda dalam berbisnis adalah personal branding. Personal
Branding adalah satu hal yang sangat penting, dan syarat utama dalam
menunjang kesuksesan seseorang. Apakah anda seorang pengusaha, eksekutif,
karyawan, pelajar, mahasiswa, atau pejabat; perlu Personal Branding yang bagus
dari diri anda.
Tidak semua
orang memiliki Personal Branding yang bagus. Tapi kebanyakan orang sukses pasti
memiliki Personal Branding yang bagus. Personal Branding yang terpancar dari
diri anda, bisa menjadi positif atau negatif tergantung bagaimana anda ingin
menampilkannya.
Personal
Branding layaknya “aura” dari dalam diri anda. Orang akan melihat
aura itu, dan mempersepsikan tentang diri anda dalam benak mereka. Tentunya
anda ingin citra positif yang ada dibenak orang, ketika mereka mempersepsikan
anda. Bangunlah citra positif itu!
Dalam
membangun Personal Branding yang bagus, anda perlu membangun “karakter”
diri anda. Dan usahakan orang lain tahu apa karakter anda itu. “Karakter”
tersebut biasanya erat dengan aktifitas apa yang anda lakukan sehari-hari,
profesi anda, bahkan termasuk apa yang anda pakai!
Berhati-berhatilah
dalam mengeluarkan “karakter” anda, karena “karakter” sangat menentukan apakah
anda dipersepsikan sebagai person yang positif atau negatif. Jadilah pribadi
yang menonjol. Orang-orang yang memiliki Personal Branding bagus biasanya lebih
menonjol dibandingkan mereka yang tidak memiliki.
Jika ingin
punya Personal Branding bagus, harus eksis! Tampilkan diri anda dalam setiap
kesempatan, tapi eksis dalam artian positif ya! Usahakan tak ada hal
negatif dalam segala perkataan & tindakan anda; karena akan merusak
“karakter” anda dalam membangun Personal Branding.
Orang yang
punya Personal Branding bagus biasanya punya banyak teman dan sahabat, karena
itu jalinlah selalu silaturahmi dengan siapa saja. Orang yang punya Personal
Branding bagus, biasanya juga cenderung “dicari” orang; baik head-hunter,
klien, maupun yang sekedar sharing ilmu.
Orang yang
punya Personal Branding bagus, biasanya jika mengelola/punya perusahaan,
maka Company Branding-nya akan ikut menjadi bagus. Orang dengan
Personal Branding bagus juga harus suka “berbagi”, walau sekedar berbagi ilmu.
Jangan pelit, bagikanlah hal-hal yang berguna untuk sesama!
Parameter
Personal Branding anda berhasil, adalah bagaimana diluar sana orang
menceritakan tentang diri anda. Apakah hal-hal yang bagus atau tidak. Dengan
Personal Branding yang bagus, maka anda akan gampang mempengaruhi orang –
karena orang percaya dengan anda. Ini bagus buat yang punya bisnis!
Membangun
Personal Branding yang bagus butuh waktu, jika anda sudah mendapatkannya maka
jagalah! Jangan hancurkan reputasi anda!
Langkah –
langkah dalam personal branding antara lain sebagai berikut :
Jaga ATTITUDE atau sikap &
perilaku. Tunjukkan “attitude” yang baik kepada siapa saja, tanpa
memandang suku, agama, ras, antargolongan.
Perhatikan APA YANG ANDA PAKAI
termasuk cara berpakaian dan yang melekat di tubuh anda, bau badan,
makeup, dll. Usahakan secara wajar. Berpakaianlah rapi & sesuaikan
dengan suasana, jagalah bau badan anda, perhatikan gaya rambut, make up
jangan berlebihan (bagi wanita).
Perhatikan KATA-KATA YANG
KELUAR DARI MULUT ANDA berbicaralah dengan sopan dan santun kepada siapa
saja.
Selalulah UPDATE CV ANDA, walau
anda tak berencana melamar kerja. Update secara berkala, terutama
kompetensi & pengalaman yang anda miliki. Usahakan CV anda singkat,
tak perlu berlembar-lembar. Tapi secara singkat orang bisa tahu siapa anda
& apa kompetensi anda dengan melihat CV anda.
Untuk yang berprofesi sebagai
Karyawan, jangan ragu untuk mengerjakan pekerjaan apapun walau bukan
jobdesk anda. Dengan memiliki banyak kompetensi akan baik untuk karir
anda. Seorang leader, apakah itu Supervisor, Manager, atau Direktur
diangkat karena ia memiliki kompetensi lebih daripada karyawan yang
lainnya.
Untuk yang berprofesi sebagai
Enterpreneur, jangan lupa berikan layanan terbaik kepada customer/partner
anda. Buatlah mereka percaya dan tidak ragu berbisnis dgn anda.
Jangan biarkan mood
mengendalikan hidup anda. Orang-orang cenderung tidak suka berinteraksi
dengan mereka yang suka mood-moodan.
Kendalikan emosi anda, jangan
sering mengumbar emosi negatif di depan orang-orang. Sebarkanlah emosi
positif seperti, Tersenyum, Memuliakan orang, Memaafkan, dsb.
Rajinlah menyebar kartu nama,
paling tidak kartu nama anda bisa “menyebutkan” siapa anda dan apa
kompetensi anda. Jangan suka berganti nomor ponsel, itu akan membuat
kolega, atau mungkin klien, susah menghubungi anda untuk sebuah peluang
karir atau bisnis.
Narsis itu penting, tapi jangan
sampai berlebihan. Usahakan “tampilkan” hal-hal baik dari diri anda tanpa
membuat orang muak melihat anda.
Jika punya akun social media,
bagikanlah sesuatu yang membuat friend atau follower anda “merasa penting”
untuk melihat postingan-postingan anda, daripada sekedar melihat keluh
kesah dan kegalauan-kegalauan anda.
Bagi yang sudah berkeluarga,
jaga keharmonisan rumah tangga anda.Tak ada guna punya Personal Branding
bagus tapi rumah tangga anda berantakan!
Keseimbangan Jasmani-Rohani
sangat penting dalam Personal Branding; jalankan kehidupan dunia-akhirat
anda sesuai agama/kepercayaan masing-masing.
Personal Branding
Personal
Branding, istilah ini yang banyak mencuat di percakapan online beberapa bulan
terakhir ini, banyak orang-orang mengulas dan memberikan tips sukses membangun
personal branding. menurut saya ada 3 tahap awal yang harus kamu lakukan untuk
dapat membangun personal Branding.
3 tahap itu
adalah sbb:
1. UPGRATE
KEMAMPUAN INTERNAL DIRI KAMU
“Your Culture
is Your Brand” – Tony Hsieh CEO. ZAPPOS.COM
Quote diatas
jelas mengatakan bahwa apa yang kamu lakukan, kebiasaan yang kamu lakukan
adalah Gambaran dirimu (Personal Brand). Dan disini menurut saya untuk
membangun Culture yang positif dasar nya menurut saya ada 3 hal (Knowledge,
Attitude, Skill).
*Knowledge -
Untuk
mengikuti perkembangan pasar yang sangat dinamis kita harus terus belajar,
dengan belajar maka pengetahuan kita akan terus bertambah. Pengetahuan sangat
penting dalam membangun personal branding. dengan kita semakin tahu maka orang
akan segan dengan anda dan menganggap anda adalah orang yang sangat
berpengalaman di bidang anda.
* Attitude -
Seseorang
akan dihargai apabila dia memiliki Attitude yang bagus, membangun personal
branding berarti kamu memiliki adat kesopanan. dengan attitude orang lain akan
tahu bagaimana anda, dan manusia seperti apa anda.
* Skill
- Skill
disini menggambarkan bagaimana anda bekerja atau melakukan hal-hal yang sesuai
dengan keahlian yang anda miliki. banyak orang yang rajin belajar dan memiliki
attitude yang bagus tetapi mereka lemah dalam mengeksekusi pekerjaan. nah
dengan terus anda mencoba ini akan mengasah anda menjadi manusia yang memiliki
skill.
2. SHARE
KEMAMPUAN ANDA KEPADA KHALAYAK
Mengupgrade
kemampuan diri tetapi tidak kita tunjukkan kepada orang lain, berarti kita
tidak mencoba membranding diri kita dan orang tidak tahu akan kemampuan diri
kita. maraknya digital life dan social media sebenarnya membantu kita untuk
share kemampuan kita kepada khalayak, bahasa saya sih “mengaktualisasi diri”
kepada masyarakat umum. ada beberapa tips bagaimana anda menggunakan fasilitas
online untuk mengaktualisasi diri anda.
*Buat sebuah
blog atau website personal di Online
- Dengan
membuat Blog jelas publik dapat mengetahui anda, mengklarifikasi anda di online
dan tahu bagaimana anda berfikir. memiliki blog berarti memiliki store resmi
tentang ide-ide anda.
*Bersocial
media melalui twitter, FB, linkedin dll – Bersocial media adalah syarat mutlak
untuk membranding personal anda, karena social media adalah tempat berkumpulnya
publik dan Gratis. bayangkan apabila tidak ada social media, bagaimana anda
membangun personal branding anda? spend budget memasang foto anda di majalah
atau TVC anda di primetime Televisi???. kembali bagaimana cara anda bersosial
media, KAS yang anda miliki harus anda sampaikan dan anda harus menunjukkan
diri anda sesungguhnya (tentunya hal yang baik). nah sampaikan ide-ide anda
yang sudah dirangkum dalam blog.
*Ikut aktif
mengshare artikel-artikel anda di forum-forum yang berhubungan dengan anda.
- Selain
social media dan blog, jangan lupakan juga forum-forum yang ada di dunia
online, dengan artikel tulisan ide-ide anda yang dimuat akan meningkatkan value
personal brand anda. Anda semakin dipercaya oleh publik bahwa anda
memiliki kemampuan.
3. EVALUASI
APA YANG SUDAH ANDA LAKUKAN
Di point
terakhir ini anda dapat mengevaluasi apa yang sudah anda lakukan dan hasil apa
yang anda peroleh. apabila hasilnya kurang memuaskan anda dapat mengulang 2 hal
diatas. dan mengkoreksi apa yang salah sehingga anda dapat mencapai posisi
terbaik personal brand anda dimata para publik. Nah itu sedikit personal
branding menurut saya, mohon dikoreksi apabila ada kekurangan. saya hanya
mencoba berbagi
PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu
itu PHP bernama FI (Form Interpreted). Pada saat tersebut PHP adalah
sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.
Perkembangan selanjutnya adalah Rasmus melepaskan kode sumber tersebut
dan menamakannya PHP/FI, pada saat tersebut kepanjangan dari PHP/FI
adalah Personal Home Page/Form Interpreter. Dengan pelepasan kode sumber
ini menjadi open source, maka banyak programmer yang tertarik untuk
ikut mengembangkan PHP.
Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada
rilis ini interpreter sudah diimplementasikan dalam C. Dalam rilis ini
disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI
secara signifikan.
Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend, menulis ulang
interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik dan lebih cepat.
Kemudian pada Juni 1998 perusahaan tersebut merilis interpreter baru
untuk PHP dan meresmikan nama rilis tersebut menjadi PHP 3.0.
Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis
tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling
banyak dipakai. Versi ini banyak dipakai sebab versi ini mampu dipakai
untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan
proses dan stabilitas yang tinggi.
Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Versi ini adalah versi mutakhir
dari PHP. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan
besar. Dalam versi ini juga dikenalkan model pemrograman berorientasi
objek baru untuk menjawab perkembangan bahas pemrograman kearah
pemrograman berorientasi objek.
PHP grup kini merilis versi PHP terbaru yaitu 5.1.6 [ sumber : wikipedia
]
Kelebihan PHP antara lain…
* Bahasa pemograman php adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan
sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
* Web Server yang mendukung php dapat ditemukan dimana - mana dari mulai
IIS sampai dengan apache, dengan configurasi yang relatif mudah.
* Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis
dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
* Dalam sisi pemahamanan, php adalah bahasa scripting yang paling mudah
karena referensi yang banyak.
* PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin
(linux, unix, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui
console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.
* PHP adalah termasuk bahasa embedded ( bisa diletakkan dalam tag HTML )
* PHP diterbitkan secara gratis
BEberapa system database yang didukung oleh PHP adalah :
PHP banyak sekali digunakan untuk pengembangan web dinamis, dapat di
katakan mayoritas pengembangan web didunia menggunakan PHP, misalnya
saja web yang sudah melegenda beberapa tahun belakangan ini, yaitu
friendster dan digg. Mengapa mereka menggunakan PHP? Yaa.. tentunya ada
didalam keuntungan yang sudah kami sebutkan sebelumnya di atas tadi.
Web dinamis adalah sebuah web yang dapat melalukan update pada
contentnya, didalamnya selalu terdapat CMS [Content Management System ]
yaitu “ruang kendali” bagi pemilik website untuk melakukan update,
biasanya jika ingin masuk ke dalam CMS ini user atau sang pemilik harus
memberikan password agar “ruang kendali” bebas dari tangan – tangan yang
tidak bertanggung jawab.
Beberapa pihak pengembang web [ kami SimpleBlue.com salah satunya ]
selalu memberikan CMS didalam web dinamis, jadi Anda pun tidak perlu
bingung lagi untuk melakukan update pada web pribadi Anda. Kami akan
memberikan salah satu contoh dari fungsi CMS, jika web Anda mempunyai
kolom berita atau news, maka Anda tidak perlu lagi masuk ke dalam source
code yang memusingkan kepala dan merepotkan, Anda hanya perlu masuk ke
CMS dan pilih menu utuk melakukan perubahan content tersebut. Didalam
CMS sendiri terdapat menu untuk menambah , merubah serta menghapus data.
Yaa.. kini dot php sudah sudah Anda pahami, Anda tidak perlu lagi
khawatir dengan rencana anda membangun web dinamis yang penuh dengan
content, kami dengan senang hati akan membantu Anda dan memberikan
konsultasi yang terbaik untuk Anda.